SMK Negeri 2 MalangEducation for all

Wujudkan Karakter Profesional dan Beretika, Siswa SMKN 2 Malang Gelar Kegiatan Table Manner di Hotel 101 Malang

Dalam upaya meningkatkan kompetensi serta etika profesi di bidang perhotelan, siswa SMK Negeri 2 Malang  melaksanakan kegiatan Table Manner di hotel 101 Malang, pada Rabu dan Kamis (8-9 Oktober 2025). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa bidang perhotelan dalam memahami tata cara makan resmi (formal dining etiquette) yang menjadi bagian penting dari […]

0
9
Wujudkan Karakter Profesional dan Beretika, Siswa SMKN 2 Malang Gelar Kegiatan Table Manner di Hotel 101 Malang

Dalam upaya meningkatkan kompetensi serta etika profesi di bidang perhotelan, siswa SMK Negeri 2 Malang  melaksanakan kegiatan Table Manner di hotel 101 Malang, pada Rabu dan Kamis (8-9 Oktober 2025). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa bidang perhotelan dalam memahami tata cara makan resmi (formal dining etiquette) yang menjadi bagian penting dari dunia perhotelan dan pelayanan profesional. Selama kegiatan berlangsung, siswa mendapatkan bimbingan langsung dari instruktur hotel dan guru produktif tentang penataan meja, penggunaan alat makan, sikap duduk yang sopan, hingga etika berkomunikasi di meja makan.

Ketua Program Keahlian Perhotelan, Sri Nawangsih S.Pd,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pembelajaran kontekstual yang menghubungkan teori di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja.

“Kami ingin membentuk karakter siswa yang tidak hanya terampil secara teknis, tetapi juga beretika dan berpenampilan profesional sesuai standar industri perhotelan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan pihak hotel 101 Malang , Nurpatria Ardi Sanjaya, S.Psi,  selaku HRD hotel 101 Malang mengapresiasi antusiasme para siswa selama mengikuti kegiatan. Ia menambahkan bahwa penguasaan etika jamuan formal menjadi nilai tambah bagi calon tenaga kerja di bidang hospitality.

Suasana kegiatan berlangsung dengan tertib, penuh keakraban, dan sarat nilai edukatif. Para siswa tampak menikmati setiap sesi sambil menerapkan keterampilan yang telah dipelajari di sekolah. Pihak hotel juga memberikan apresiasi atas sikap dan antusiasme siswa selama kegiatan berlangsung.

Dengan terselenggaranya kegiatan Table Manner ini, diharapkan para siswa dapat mengembangkan kompetensi hospitality, menanamkan rasa percaya diri, disiplin, dan etika profesional, sebagai bekal penting menghadapi dunia kerja dan industri perhotelan yang sesungguhnya.

Jurnalis : Yeti Dian Anggraini SST.Par.M.M

Editor: Ning Tyas Asih, S.Pd

H
DITULIS OLEH

Humas

Tanggapan (0 )