Jajak Pendapat
Menurut anda, bagaimana manfaat classmoving yang saat ini diterapkan?
Sangat Bermanfaat
Tidak Bermanfaat
Biasa Saja
Tidak Tahu
  Lihat

Pencarian
Login Member
Username
Password
Siswa Ultah
Selamat ulang tahun kepada :
  • 9829 - YOGA AJI PANGESTU ( 18 Thn)
  • 9569 - RANI RIZKITA PRATIWI ( 18 Thn)
  • 9471 - CLAUDIA CAHYANINGTIAS (KELUAR) ( 19 Thn)
  • 8774 - PUTRI WULANDARI ( 19 Thn)
  • 8597 - MENTARI GUSTA DEWANTY ( 19 Thn)
  • 7729 - DWI SULISTIANI ( 20 Thn)
  • 7707 - BAGUS ENDI CHRISSASMITO ( 20 Thn)
  • 21977 - KARTIKO WIDYA HUTAMA ( 18 Thn)
  • 21284 - TRI AGUSTIN MINAHARTI ( 15 Thn)
  • 20413 - AGUSTIN DEWI PURNAMASARI ( 16 Thn)
  • 10866 - DINIA WITARSIH ( 17 Thn)
  • 10477 - BAGUS RAKA ADI NUGRAHA ( 18 Thn)
  • 10331 - PUTRI AYU PRATAMA ( 17 Thn)
  • 10140 - DWI NOVITASARI ( 17 Thn)
  • 10046 - HAVINDAH SALSABILA ( 17 Thn)
Semoga panjang umur, sehat selalu, sukses sekolahnya dan diberi kemudahan rizky

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN NILAI NILAI KARAKTER

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                        Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                      Semester                                                   :  1 / Ganjil

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     =>

Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, taqwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat yang baik

Kompetensi dasar           =>

Siswa mampu mengenal sekolah secara benar, bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara bertanggung jawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman,  bertaqwa, dan berakhlak mulia

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis

 Layanan

Bidang

Bimbingan

Fungsi

Layanan

Alokasi  Waktu

 

Sumber Belajar

 

Nilai-nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

        SEKOLAHANKU

 

 

Orientasi

 

-Pribadi

-Sosial

 

-Pemahaman

-Pencegahan

  

     2

 

 

 

      2

 

 

Modul BK:

 

1.Mengenal sekolah dan Bimbingan Konseling.

 

2.Belajar Efektif dan Efisien

 

 

Peduli Lingkungan

  1. Sekolah di SMK

Menyadari proses masuk sekolah di SMK sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri

  1. Pengenalan  terhadap sekolah

Mengenal sekolah sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan keterampilan

 

Peduli Sosial

  1. Pentingnya keseriusan dalam belajar

Memiliki keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada iman, rasa taqwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan YME

 

Kerja Keras

 

 

 

 

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                           Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                         Semester                                             :  2 / Genap

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas dengan cara memilih jurusan di SMK secara tepat.

b)     Mencapai kematangan dalam pemilihan karir dengan cara memasuki jurusan yang sesuai dengan cita-cita masa depan

Kompetensi dasar           →

a)     Siswa mampu memilih jurusan yang sesuai dengan cita-cita masa depan

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai-Nilai

Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

Penjurusan di SMK

 

 

-   Informasi

-   Penempatan &

-   Penyaluran

 

-    Pribadi

-    Sosial

 

-   Pemahaman

-   Pencegahan

 

 

       2

 

 

Modul BK :

Mengenal Jurusan KU

 

 

 

  1. Mengapa ada penjurusan?

Memahami alasan adanya penjurusan di SMK sehingga dapat mempersiapakan diri sebaik mungkin

Menghargai Prestasi

  1. Mengenal kurikulum

Mengenal kurikulum yang berlaku di sekolah agar dapat menyesuaikan diri dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan

Menghargai Prestasi

  1. Jurusan atau program studi di SMK

Mengenal atau jurusan program studi di SMK agar dapat mempersiapkan diri untuk penjurusan sesuai dengan bakar minat dan kemampuan

Menghargai Prestasi

  1. Struktur kurikulum SMK

Mengenal struktur kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMK

 

 

 

 

 

Mandiri,

  1. Persyaratan pemilihan jurusan

Memahami persyaratan pemilihan jurusan atau program studi di SMK sehingga tidak salah memilih jurusan atau program studi yang ada.

 

 

 

 

 

Tanggung jawab

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                        Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                      Semester                                              :  1 / Ganjil

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam hal hubungan antar teman sebaya dan perannya sebagai pria dan wanita sehingga terjalin komunikasi yang saling menguntungkan.

b)     Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain secara efektif dan bermakna.

c)     Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sehinggadapat berperan di masyarakat yang lebih luas dengan cara memanfaatkan sarana komunikasi yang ada secara sehat.

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu berkomunikasi secara efektif kepada sesamanya dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana komunikasi yang berkembang dimasyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai-Nilai

Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

ETIKA KOMUNIKASI

 

 

-   Informasi

-   Bimbingan kelompok

 

-    Pribadi

-    Sosial

 

-   Pemahaman

-   Pencegahan

 

 

  

    2 Jam

 

 

Modul BK :

1.Etika Komunikasi

 

2.Etika Kerja

 

  1. Pengertian komunikasi

Mengerti arti penting berkomunikasi bersama orang lain sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari

Komunikatif

  1. Kepada siapa kita berkomuniasi?

Mengerti tentang sasaran berkomunikasi sehingga dapat mengambil makna yang bermanfaat bagi lingkungan hidupnya

 

Komunikatif

  1. Komunikasi antar pribadi

Melaksanakan  komunikasi sehingga terjalin hubungan sampai pada tahap yang lebih berkualitas

 

Komunikatif

  1. Komunikasi yang efektif

Melaksankan komunikasi yang efektif dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana penunjang yang ada sehingga mendapatkan manfaat yang diinginkan

 

 

 

 

 

Komunokatif,

Menghargai Prestasi

                 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri SMKN 2 Malang        Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                Semester                                             :  1 / Ganjil

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     =>

a)     Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan bersyukur bersekolah di lembaga yang tertib dan disiplin

b)     Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan intelektual sehingga menjadi warga masyarakat yang baik, yaitu masyarakat sekolah

c)     Mencapai kematangan dalam system etika dan nilai yang tergambar dalam sosok pelajar yang melaksanakan tata tertib sekolah

Kompetensi dasar           =>

Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan bertanggung jawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis

 Layanan

Bidang

Bimbingan

Fungsi

Layanan

Alokasi Waktu

 

Sumber Belajar

 

Nilai-Nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

ETIKA SOPAN SANTUN

 

 

1.Orientasi

2.Informasi

 

-Pribadi

-Sosial/

  klasikal

 

-Pemahaman

-Pencegahan

 

  

      2 jam

 

      4 jam

 

Modul BK:

1.Etika dan Sopan Santun Siswa

 

2.Etika Komunikasi

 

 

a. Untuk apa ada tata tertib

Menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki oleh aturan yang berlaku

Disiplin, Komunikatif

b. Tata tertib di sekolah

Melaksanakan  tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah

 

Disiplin,

c. Hak dan Kewajiban  siswa

Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah

 

Disiplin, Demokratis

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                    Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                  Semester                                             :  1 / Ganjil

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan mengenal diri, tahu akan tujuan hidup dan mempersiapkan masa depan

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu memahami diri dalam hal pengenalan diri, maksud dan tujuan hidup, serta meniti diri untuk kehidupan yang akan datang sehingga mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emossional, sosial, intelektual, dan ekonomi

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis

 Layanan

Bidang

Bimbingan

Fungsi

Layanan

Alokasi Waktu

 

Sumber Belajar

 

Nilai-Nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

PEMAHAMAN DIRI

 

 

-Informasi

-Bimbingn kelompok

 

Pribadi

-Sosial

 

Pemahaman

 

 

 2 jam

 

 

  4 jam

 

Modul BK :

1.Be Your Self/Mengenali Diri.

Tes Psikologis:

Tes Kepribadian

 

 

  1. Siapakah aku ini ?

Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara tepat dalam kehidupan sehari-hari

Tanggung jawab

  1. Untuk apa aku lahir dan hidup?

Mengetahui tujuan hidup dari masa kecil, remaja, dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan dengan hal-hal yang bermanfaat dan bijaksana

 

Tanggung jawab

  1. Menjadi apakah aku  nanti?

Mempersiapkan diri menyongsong masa depan dengan motivasi dan langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai harapan yang diinginkan

Mandiri, Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                 Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling               Semester                                             :  1 / Ganjil

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang dianugerahi dengan aneka macam kelebihan dan keunggulan dalam kecerdasan.

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu mengenal berbagai macam kecerdasan manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan dari Tuhan YME secara Cuma-Cuma, serta menerapkannya secara bertanggung jawab sebagai bukti manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis

 Layanan

Bidang

 Bimbingan

Fungsi

Layanan

Alokasi

waktu

Sumber Belajar

 

Nilai – Nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

KECERDASAN MANUSIA

 

-Informasi

-Bimbingan kelompok

-Pribadi

-Sosial

-Pemahaman

-Pemeliharaan & Pengembangan

 

 

  8 jam

 

Tes Psikologis:

1. Tes IQ /Kecerdasan

 

 

 

  1. Anugerah gratis

Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan, memanfaatkan & mengembangkan secara seimbang dan bertanggung jawab agar hidup menjadi lebih bermakna.

 

Tanggung jawab

  1. Aneka macam kecerdasan manusia

Mengenal aneka macam kecerdasan manusia pada umumnya dan kecerdasan diri pada khususnya sehingga dapat mengembangkannya untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik.

 

Mandiri, Kreatif

  1. Mau memahami perbedaan kecerdasan

Menerima dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan perbedaaan itu untuk saling melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis

 

Toleransi, Mandiri

 

 

 

                                                                                                         SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                  Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                Semester                                             :  1 / Ganjil

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan tentang gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan Ekonomi sehingga menjadi bekal yang baik untuk menjadi pribadi yang bermutu.

b)     Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara mengenal dan menggambarkan diri sebagai pribadi yang positif.

c)     Bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat yaitu sebagai pribadi yang memiliki konsep diri positif

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu menggambarkan diri secara positif sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan sistem nilai dan etika yang berlaku sehingga tingkah lakunya dapat diterima oleh masyarakat.

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai-Nilai

Karakter

 

 

 

 

 

 

 

 

KONSEP DIRI

 

 

-Informasi

 

-Bimbingan kelompok

 

-Konseling

 

-Pribadi

 

-Sosial

 

-Pemahaman

-Pemeliharaan &

-Pengembangan

 

 

         2

 

 

 

Modul BK :

1.Percaya Diri

 

 

 

 

  1. Konsep diri dan remaja

Menilai diri secara positif sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin bermakna

Mandiri,Tanggung jawab

  1. Pengertian dan macam-macam konsep diri

Memahami berbagai pengertian dan macam-macam konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan konsep dirinya dan mampu menerapkan dalam hidup sehari-hari.

 

Mandiri

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri

Mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri sehingga dapat mengevaluasi perkembangan dirinya dan dapat memperbaiki terhadap kekurangan diri yang ada

 

Kerja Keras, Tanggung Jawab

  1. Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi

Mengetahui pengaruh konsep diri terhadap komunikasi sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

Komunikatif

  1. Usaha2 mengembangkan konsep diri remaja

Mengenal usaha-usaha untuk berkembang menuju kematangan dan kedewasaan diri.

 

 

 

 

 

Tanggung jawab

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                    Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                  Semester                                             :  1 / Ganjil

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan cara menjadi pribadi yang memiliki motivasi yang kuat untuk berprestasi.

b)     Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai sehingga terdorong untuk menjadi pribadi yang sukses

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu memotivasi diri untuk belajar sehingga berhasil dan berprestasi dalam hidupnya.

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi waktu

Sumber Belajar

Nilai-Nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

MOTIVASI DAN PRESTASI

 

-   Informasi

-   Konseling kelompok

-    Pribadi

-    Sosial

-   Pemahaman

-   Pencegahan

 

   4 jam

 

 

Modul BK :

Motivasi Diri

Film Motivasi:

1.Nicky Vijuvic

2.Hellen Kehler

3.Olimpiade Cacat. DLL

 

 

 

Disiplin

  1. Pentingnya motivasi

Memahami arti penting motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar

Mengenal berbagai faktor yang berpegaruh terhadap motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar

 

Tanggung jawab

  1. Cara mempertahankan motivasi belajar

Mengetahu berbagai cara untuk mempertahankan motivasi belajar sehingga dapat  meningkatkan upaya untuk mempelajari berbagai hal yang sesuai dengan sistem etika dan  tata nilai yang berlaku

 

Kreatif

  1. Kategori motivasi belajar

Mengenal kategori motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar

 

 

 

 

 

 

Kreatif, Mandiri

  1. Dua Pola belajar

Memilih secara sadar tentang pola belajar yang akan dilaksanakannya untuk meraih keberhasilan / prestasi belajar.

 

 

 

 

 

Kreatif, Tanggung jawab

 

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                   Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                 Semester                                             :  2 / Genap

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dengan cara menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia / mendasarkan diri pada nilai-nilai kehidupan

b)     Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menghayati hidup keseharian yang berdasarkan nilai-nilai kehidupan

c)     Mencapai kematangan agar dapat bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara menerapkan nilai2 kehidupan

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu mengenal dan melaksanakan nilai-nilai kehidupan dalam pergaulan hidup sehari-hari.

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi waktu

Sumber Belajar

Nilai-nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

Nilai-nilai kehidupan

 

-   Informasi

-   Konseling kelompok

-   Konseling

-    Pribadi

-    Sosial

-   Pemahaman

-   Pencegahan

 

 2 Jam

 

 

Modul BK :

Aku dan Lingkunganku

 

 

  1. Pengertian nilai kehidupan

Memahami arti kehidupan yang selayaknya dimiki oleh manusia

Tanggung jawab

  1. Kategori dan aspek nilai

Menentukan beberapa nilai kehidupan utama yang dianggap paling penting dalam hidup sehari-hari

Mandiri, Tanggung jawab

  1. Beberapa contoh nilai-nilai kehidupan

Memahami nilai-nilai kehidupan yang ada di tengah masyarakat dan menghargai perbedaan pemilihan nilai kehidupan

Toleransi, Mandiri

 

 

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                     Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                   Semester                                             :  2 / Genap

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam hal gambaran dan sikap tentang kahidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektualm dan ekonomi dengan cara memahami diri secara psikologis.

b)     Mencapai kematangan dalam hubungan dan perannya antar teman sebaya baik pria maupun wanita sehingga terjalin saling pengertian dan pemahaman dalam masa pertumbuhan / perkembangan remaja

c)     Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara mengembangkan diri sesuai dengan tahapan-tahapan yang perlu dilewati

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu memahami dan mengenal dirinya berdasarkan aspek kejiwaan yang terkait dengan pertumbuhan perkembangan dirinya

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai-Nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

Psikologi Remaja

 

-   Informasi

-   Bimbingan kelompok

-   Konseling

-    Pribadi

-    Sosial

-   Pemahaman

-   Pencegahan

 

 4 Jam

 

 

Modul BK :

Mengenal Psoses Reproduksi Manusia

 

Film2 Edukasi:

Prose Reproduksi

 

 

 

  1. Masa remaja

Mengenal diri sebagai pribadi dalam masa remaja sehingga dapat bersikap dengan tepat terhadap dirinya sendiri.

Kreatif, Mandiri

  1. Perubahan yang terjadi pada masa remaja

Memahami perubahan yang terjadi pada diri dalam masa remaja sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut

 

Tanggung Jawab

  1. Tahap-tahap masa remaja

Memahami tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja sehingga dapat beraktivitas sesuai dengan tahap-tahap masa remaja

 

Mandiri

  1. Kebutuhan psikologis dan Tugas Perkembangan Remaja

Memahami kebutuhan psikologis diri sendiri dan tugas perkembangan yang perlu diwujudkan pada masa remaja sehingga siap memasuki masa berikutnya.

 

 

 

 

 

 

Kreatif, Mandiri

  1. Masa Transisi dan adaptasi

Bersikap dengan bijak selama masa transisi dan adaptasi dalam masa reamaja sehingga dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi

 

 

 

 

 

Tanggung jawab

  1. Ada pesan dan harapan

Mau mendengarkan dengan sungguh-sungguh pesan dan haraan dari berbagai pihak bagi kaum reamaja demi kebaikan hidupnya

 

 

 

 

 

 

Komunikatif

 

 

 

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                         Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                       Semester                                             :  2 / Genap

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir, dan kelanjutan studi dengan persiapan yang memadai yaitu dengan belajar yang bebas dari persoalan.

b)     Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan cara mampu mengatasi kesulitan belajar yang dialami.

c)     Mencapai kematangan dalam hal bertingkah laku yang adapat diterima oleh masyarakat yaitu menjadi pribadi remaja pembelajar yang efektif memecahkan masalah belajarnya sendiri

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu mengatasi kesulitan belajar yang dialami sehingga prestasi belajar dapat dipertahankan dan dikembangkan

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi

Layanan

Alokasi Waktu

 

Sumber Belajar

 

Nilai-nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

Sulit Belajar

 

-   Informasi

-   Bimbingan kelompok

-   Konseling

-   Mediasi

-    Pribadi

-    Sosial

-   Pemahaman

-   Pencegahan

 

 

 2 Jam

 

 

Modul BK :

Belajar Efektif dan Efisien

 

 

  1. Gejala kesulitan belajar

Mengenal gejala kesulitan belajar untuk mengantisipasi kesulitan belajar yang mungkin terjadi

Kerja keras Mandiri, Tanggung jawab

  1. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar

Mengenal faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar sehingga dapat diantisipasi untuk mengatasinya

 

Kreatif

  1. Langkah mengatasi kesulitan belajar

Melaksanakan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar bila benar-benar mengalami kesulitan belajar.

 

Tanggung jawab

  1. Indikator pemecahan masalah

Mengenal indikator pemecahan masalah dalam mengatasi kesulitan belajar sehingga permasalahan belajar sungguh-sungguh dapat diatasi.

 

 

 

 

 

 

Mandiri

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                   Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                 Semester                                             :  2 / Genap

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas dengan cara mengenal perguruan tinggi terlebih dahulu

b)     Mencapai kematangan dalam pemilihan karir dengan cara mengenal lebih awal perguruan tinggi yang kelak akan dijadikan tempat kuliah

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu mengenal perguruan tinggi sebagai antisipasi untuk studi lanjut dan pilihan karir yang kelak akan dipilih untuk dimasuki setelah lulus SMK

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai-nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

Mengenal perguruan tinggi

 

-   Informasi

-   Bimbingan kelompok

-   Konseling

-   Mediasi :

   PMDK/

    Bidik Misi

-    Pribadi

-    Sosial

-   Pemahaman

 

 

2 Jam

 

Modul BK :

Menengenal Perguruan Tinggi

 

  1. Memahami perguruan tinggi sejak awal

Memahami sejak awal perguruan tinggi yang ada sebagai langkah antisipasi untuk penjurusan, studi lanjut dan pilihan karir.

Mandiri, Kreatif

  1. Bentuk perguruan tinggi di Indonesia

Mengenal perguruan tinggi di Indonesia baik negeri atau swasta jika kelak akan melanjutkan kuliah didalam negeri

 

Mandiri

  1. Status kepemilikan perguruan tinggi di Indonesia

Memahami status kepemilikan perguruan tinggi di Indonesia sehingga sudah mulai dipertimbangkan pemilihan perguruan tinggi nanti.

 

Rasa Ingin Tahu

  1. Nama program di perguruan tinggi

Mengenal nama-nama program diperguruan tinggi sehingga semakin membantu dalam pemilihan program yang sesuai dengan cita-cita atau pilihan karir

 

 

 

 

 

 

Gemar Membaca

  1. Apabila ingin kuliah di luar negeri

Mengenal sejak awal jika berencana kuliah diluar negeri sehingga telah menyiapkan diri jauh-jauh hari

 

 

 

 

 

Tanggung jawab

                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

 

Sekolah                                      : SMK Negeri 2 Malang                 Kelas                                                   :  X (sepuluh)

Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling               Semester                                             :  1 / Genap

 

Standar kompetensi /

 Tugas Perkembangan     →

a)     Mencapai kematangan dalam pilihan karir dengan cara mengenal makna kerja sebagai panggilan hidup

b)     Mencapai kematangan dalam hal gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi sehingga memahami arti penting bekerja dalam kehidupan

Kompetensi dasar           →

Siswa mampu memahami bahwa bekerja itu suatu panggilan hidup

 

Materi Layanan

Indikator / Tujuan Layanan

Jenis Layanan

Bidang Bimbingan

Fungsi Layanan

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Nilai-Nilai Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

Bekerja sebagai panggilan hidup

 

-   Informasi

-   Penempatan &

-   Penyaluran

-   Mediasi dng

perusahaan

-    Pribadi

-    Sosial

-   Pemahaman

 2 jam

Modul BK :

Mengenal dunia Kerja

 

  1. Bekerja dan hidup

Memahami hubungan antara bekerja dan hidup sehingga untuk bisa hidup itu perlu bekerja

Kerja keras, Tanggung jawab

  1. Makna bekerja

Memahami makna bekerja dalam kehidupan sehingga setiap pribadi terpanggil untuk bekerja

Mandiri, Kreatif

  1. Lapangan kerja

Mengenal lapangan pekerjaan yang ada diberbagai lembaga atau masyarakat sehingga mendapatkan informasi lebih awal untuk pilihan karir

Mandiri, Kreatif, Tanggung jawab

  1. Kemana akan bekerja?

Berani merencanakan sejak awal perihal arah pilihan lapangan pekerjaan sehingga lebih terfokus dalam persiapannya

Kreatif, Disiplin, Tanggung jawab